Assalamualaykum Wr. Wb.
Segala puji bagi Allah SWT Tuhan pencipta Alam, yang tak ada tuhan selain Dia. Sholawat dan Salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad, Nabi Akhir zaman, Nabi yang kita harapkan syafa’atnya kelak di hari kiamat.

Sehubungan dengan banyaknya permasalahan tentang fiqh, aliran-aliran baru dalam islam, juga pandangan luar dalam dunia pesantren, maka kami ikut andil – entah sedikit banyak – dalam dunia blog. Agar kita tetap bisa berkonsultasi, sharing masalah agama atau tentang kehidupan sehari-hari dan lain-lain.
Kami sadar, tentu kami memiliki kesalahan, maka dari itu kritik dan saran yang terbuka dari anda sangat kami harapkan.
Santri, sebagai pihak yang memang berorientasi dalam dunia ta’lim wa ta’allum (pendidikan), dalam merespon dinamika fenomenal tersebut, secara arif berusaha menempatkan diri menjadi pelayan masyarakat dengan berusaha menjawab problematika yang ada dengan penuh tanggung jawab. Tidak dapat dibantah, bahwa kalangan pesantren adalah pihak yang berada digarda terdepan dalam memegang konsep sunni mengikuti tapak tilas salaf ash-sholih yang keilmuan dan kepribadiannya telah diakui serta wejangan-wejangannya telah dijadikan amaliah umat islam sepanjang sejarahnya.
Akhirnya, dari kami bahwa jika ada kebenaran, itu berasal dari Alloh, dan jika ada kesalahan itu berasal dari kami sendiri, Semoga semua ini bermanfaat Akhirul Kalam, Wassalamu’alaykum Wr. Wb.