Hal yang wajib pertama kali bagi orang tua adalah mengajarkan kepada anaknya bahwa nabi muhammad itu di lahirkan dan di utus di makkah serta wafat dan di makamkan di madinah.
Dan wajib pula mengajarkan bahwa Rosululloh itu diutus untuk semua makhluk, baik bangsa arab maupun lainnya, baik malaikat,manusia,jin dan jamadat (benda mati seperti batu,pohon dan lain-lain).

Bahkan kewajiban ini mengalahkan kewajiban memerintah sholat terhadap anak. Dan sesungguhnya syari’at Rosululloh itu merubah pada syari’at-syari’at yang terdahulu, dan bahwa Alloh mengutamakan Rosululloh diatas semua makhluk yang lain. Serta tidak sahnya tauhid hanya dengan kalimat ” laa ilaha illa Alloh “, akan tetapi harus disandarkan pada kalimat ” muhammadur Rosululloh “.

Walhasil, wajib bagi orang tua untuk mengajarkan pada anak tentang segala hal yang wajib diketahui oleh seorang mukallaf (orang yang berakal dan baligh), agar iman benar-benar menancap dalam hati mereka serta agar mereka membiasakan diri untuk taat kepada Allah, seperti mengajarkan sifat-sifat Alloh dan sifat-sifat Rosul.

Alloh mewajibkan kepada semua makhluk-Nya untuk membenarkan atas apa saja yang dikabarkan oleh rosululloh,baik urusan dunia maupun urusan akhirat. Dan wajib mengajarkan bahwa Rosululloh adalah manusia yang paling mulia serta mengajarkan nasab beliau dari pihak ayah dan ibu.