Bulan ramadhan disebut juga dengan bulan alqur’an,karena pada bulan ini malaikat Jibril atas perintah Allah menurunkan alqur’an secara keseluruhan dari lauhul mahfudz ke baitul izzah,yaitu suatu tempat diatas langit pertama. Peristiwa turunnya alqur’an ini bertepatan dengan datangnya lailatul qodar sebagaimana yang telah dikatakan oleh ibnu Abbas. Pendapat ini berdasarkan Firman Allah,” sesungguhnya kami menurunkannya (alqur’an) pada lailatul qodar ” (QS. Alqodr : 1).

Mengenai kapan terjadinya lailatul qodar,para ulama masih berbeda pendapat,namun pendapat yang kuat mengatakan bahwa lailatul qodar terjadi pada 10 hari terakhir dibulan Ramadhan.

Rasulullah lebih banyak membaca alqur’an pada bulan ramadhan dan memanjangkan bacaan alqur’annya pada malam-malam bulan ramadhan tidak seperti bulan-bulan yang lain. Begitu pula ulama-ulama salaf yang senantiasa membaca alqur’an lebih banyak pada bulan ini baik diwaktu shalat maupun tidak.

Diriwayatkan bahwa al-aswad mengkhatamkan alqur’an setiap dua malam sekali pada bulan ramadhan. Begitu pula imam syafi’i yang mengkhatamkan alqur’an sebanyak 60 kali selama ramadhan diwaktu shalat.

Namun yang perlu di ingat dan di perhatikan ketika membaca alqur’an agar mendapat pahala adalah membacanya dengan benar,tartil dan mengucapkan huruf-hurufnya sesuai dengan makhorijul huruf (tempat keluarnya huruf).

Bulan ramadhan juga disebut dengan bulan kemenangan. Kemenangan bagi setiap pribadi muslim yang mampu mengalahkan hawa nafsunya dan kemenangan umat islam dalam menghadapi musuh-musuhnya. Banyak kemenangan yang diraih umat islam pada bulan ini, dimana kaum muslimin menahan rasa lapar dan dahaganya.

Seperti pembebasan kota makkah dari kaum musyrikin (fathu makkah),perang tabuk,perang ain jalud,mundurnya pasukan salib oleh sholahuddin al-ayyubi,jatuhnya konstantinopel ke tangan muhammad al-fatih,penaklukan kota andalus,perang badar kubro,yang mana secara kuantitas,jumlah kaum muslimin jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan tentara musuh dan lain-lain.

Ramadhan disebut juga dengan bulan kesabaran,karena ada tiga bentuk kesabaran dalam bulan ini,yaitu :

1. Sabar untuk senantiasa taat kepada Allah dengan menjalankan perintah puasa selama sebulan penuh dan rangkaian ibadah lainnya.

2. Sabar dalam menjauhi larangan-larangan-Nya dengan membelenggu syahwat.

3. Sabar dalam menghadapi ujian dari Allah berupa rasa lapar,lemah dan dahaga.

Ramadhan adalah bulan yang paling mulia diantara bulan-bulan lainnya, karenanya berlomba-lombalah dalam kebaikan dibulan ini agar mendapatkan kemuliaannya.
Fastabiqul Khoirot !!.