Ajaran Pokok dari Aqidah Islam adalah Makrifatullah dan Makrifaturrasul. Kedua Hal ini wajib di ketahui pertama kali. Bagi orang tua,wajib mengenalkan kepada anak-anaknya tentang sifat-sifat Allah dan Rasul,bahkan mengalahkan kewajiban mengenalkan sholat.
Artinya,mengetahui bahwasanya Allah itu ada. Jadi,wajib diyakini bahwa Allah itu ada pada Azal, dalam artian,tiada permulaan bagi adanya Allah.

Albukhori dalam shohihnya,albaihaqi dan abu bakar ibnu al-jarud meriwayatkan dari imran bin al husein bahwa : Rosululloh kedatangan rombongan dari yaman,mereka berkata pada beliau : ” wahai Rosul, kami datang pada Mu untuk memperdalam tentang agama & hendak bertanya tentang permulaan makhluk “.
Lalu Rosulullah menjawab : ” Allah ada sebelum ada segala sesuatu selain-Nya dan Arsy-Nya berada di atas Air “.

Pada Awalnya,mereka hanya menanyakan tentang permulaan Alam (makhluk), tetapi Rosululloh menjawabnya dengan jawaban yang lebih penting dari Hal itu, yaitu dengan sabdanya ” Hanya Allah yang ada pada Azal, tiada permulaan bagi ada-Nya “.
Pada azal tidak ada sesuatupun selain Allah, artinya pada azal belum ada tempat,waktu dan benda.

Kemudian Rosululloh menambahkan jawaban bagi mereka bahwa air dan arsy di ciptakan sebelum makhluk yang lain, Rosululloh memberi tahu pada mereka bahwa air di ciptakan sebelum arsy.
Karena, Rosululloh ketika bersabda pada mereka; ” dan arsy-Nya berada di atas air “, memberikan pemahaman kepada kita bahwa air di ciptakan sebelum arsy.