1. Tiga Jenis Fitnah Dalam Al qur’an.
Syekh hasan al bashri,seorang shufi abad ke-7 menyebutkan bahwa ada tiga jenis fitnah yang disebutkan dalam al qur’an. tiga hal ini biasa menjadi pemicu munculnya masalah fitnah dalam kemasyarakatan.

pertama : yaitu suka membuka rahasia tentang kebenaran yang tidak disukai (ghibah).
kedua : yaitu suka menyebarkan desas desus yang tidak bertanggung jawab (ifk’).
ketiga : yaitu suka memberikan penilaian yang keliru pada orang lain (buhtan).

2. Perihal Bangunan Ka’bah.
Bangunan ka’bah berbentuk kubus dengan ketinggian 15 meter. lebarnya masing-masing terperinci, bagian timur adalah 11,88 meter. bagian barat adalah 12,15 meter. bagian selatan adalah 9,92 meter. Sedangkan tinggi pintunya dari tanah mencapai 2 meter.

Ka’bah ditutup dengan permadani halus yang disebut kiswah. disalah satu sudutnya terdapat batu hitam bernama hajar aswad yang terletak pada ketinggian 1,5 meter. Ka’bah dibangun oleh nabi ibrahim dan nabi ismail. pada saat nabi muhammad dilahirkan,islam mencatat sejarah atas serangan raja abrahah dengan membawa tentara yang menunggang gajah dan bermaksud untuk meruntuhkan ka’bah.

Namun Alloh menyelamatkan ka’bah dengan mengirim burung Ababil yang melempari mereka dengan bebatuan dari neraka dan menjadikan mereka bagaikan daun yang dimakan ulat. Akhirnya tahun tersebut dinamakan tahun Fil (gajah). Hal ini di sebutkan oleh alloh dalam surat Al-Fil.

3. 7 Manfaat Lapar.
Ada tujuh manfaat lapar menurut para ulama shufi.
1. Hati semakin jernih dan mata hati semakin tajam.
2. Hati semakin lembut.
3. Menghilangkan kesombongan dan kedzoliman dalam diri.
4. Takut terhadap siksa neraka.
5. Mematahkan berbagai keinginan bermaksiat.
6. Meringankan tubuh untuk beribadah.
7. Menumbuhkan sifat Qona’ah.

4. Baitul Maqdis.
Baitul maqdis adalah kota suci yang diberkahi dan menjadi lambang tiga agama samawi yaitu Islam,yahudi dan nashrani. dulu baitul maqdis adalah qiblat umat islam sebelum turun ayat yang memerintahkan untuk pindah ke ka’bah. baitul maqdis juga merupakan tempat dimulainya mi’raj rosululloh. Dalam perkembangan terakhir,baitul maqdis kini terkenal dengan Jerussalem yang secara sepihak direbut oleh Israel.

5. Hikmah Wudlu.
Rosululloh bersabda, ” dalam air wudlu terdapat obat untuk semua penyakit ”. dan juga sabda rosululloh ” barang siapa yang mentajdid wudlu (memperbarui wudlu,dalam artian mengerjakan wudlu dalam kondisi tidak berhadas),maka Alloh akan memberikan enam kebaikan ”.

Dalam Ihya’ Ulumiddin dan Fawaidul Janiyyah disebutkan bahwa anggota-anggota wudlu akan bercahaya di akhirat nanti. Tak hanya beribadah, wudlu juga bernilai kesehatan pada diri. para ahli lembaga riset trombosis di london,inggris menyatakan bahwa jika seseorang itu rajin membasuh muka dan mulut setiap hari, maka dia akan terhindar dari berbagai bakteri yang ada di kulit. sebab air dapat meningkatkan produksi sel-sel darah putih (leukosit) yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh (imunitas).

Dalam kitab Ta’limul muta’allim di terangkan bahwa ” Air wudlu yang jatuh ke bumi itu menjadi malaikat yang mendoakan ampunan bagi orang yang berwudlu tersebut ”.