Imam nawawi berkata dalam kitab Al adzkar bahwa meng adzan mayit saat memasukan mayit kedalam kubur itu adalah bid’ah yang mungkar,karena memang tidak ada dalil nash baik dari Al qur’an maupun hadis yang menjelaskan hal tersebut. hal ini masih banyak terjadi di beberapa daerah. sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk saling mengingatkan,maka dari itu marilah kita tinggalkan.

Adapun meng adzan bayi pada telinga kanan & Iqomah pada telinga kiri itu hukumnya sunnah, Rosulullah juga melakukan hal tersebut pada sayyidina husein pada saat beliau dilahirkan,sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh imam ahmad, dan juga hadis shohih & hasan yang diriwayatkan oleh imam turmudzi,” barang siapa yang memiliki bayi lalu dia meng adzan bayi tersebut pada telinga kanan & Iqomah pada telinga kiri,maka bayi tersebut tidak akan terbahayakan oleh ummu sibyan (syaithon yang mengikuti bayi yang mana syaithon ini biasa di sebut dengan Qorin).

Hal ini bertujuan untuk mengenalkan tauhid pada bayi sekaligus hal yang pertama kali di dengar oleh bayi adalah suatu dzikir kepada Allah sebagaimana yang terakhir kali di dengar juga dzikir kepada Allah,yaitu Talqin,karena ada hadis ” talqinlah mayat-mayat kalian dengan La ilaha illalloh ”, hal ini juga bisa menjadi sebab datangnya hidayah Allah pada bayi tersebut.

Dan di nuqil dari syekh ad-dairobi,” di sunnahkan membaca surah al qodar pada telinga kanan bayi,barang siapa yang melakukan hal ini,maka Allah akan memastikan bayi tersebut tidak melakukan zina sepanjang umurnya ”. (beberapa kitab yang dapat di rujuk : Tausyih ala ibni qosim,al bajuri,kifayatul akhyar dll) wallahu a’lam bisshowab.