Menjenguk orang sakit menurut istilah syara’ artinya adalah mendatangi orang yang sedang sakit dengan maksud untuk menghibur agar dengan demikian yang sakit dapat terkurangi kesedihannya dan dapat terkurangi pula beban penderitaannya.

Rasulullah SAW bersabda :
Dari Abu Hurairah ra, bersabda Rasulullah SAW : “Hak orang muslim dengan muslim lainnya ada lima hal, yaitu menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantarkan jenazah, mengabulkan undangan dan mendoakan yang bersin.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Hukum menjenguk orang sakit adalah sunnah. Hal ini berdasarkan hadits di atas dan hadits berikut :
Dari Abu Musa ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : “Jenguklah orang yang sakit, berilah makan orang yang lapar dan lepaskanlah orang yang tertawan.” (HR. Al-Bukhari).

ADAB MENJENGUK ORANG SAKIT

A. Berpakaian sopan dan rapi.

B. Memberi nasehat kepada orang yang sakit agar sabar menerima musibah/cobaan dari Allah dan jika yang sakit dalam perawatan dokter diberi saran agar selalu mematuhi nasehat dokter.

C. Mendoakan yang sakit.
Rasulullah SAW bersabda : Dari Aisyah ra, bahwasanya Nabi SAW menjenguk salah seorang keluarganya dengan mengusapkan tangan kanannya seraya berkata : “Allahumma robban naas adzhibil ba-tsa isyfi antasy syaafi laa syifaa-a illaa syifaa-uk syifaa-an laa yughodiru saqoman” (Ya Allah Tuhan semua manusia, hilangkanlah segala penyakit, sembuhkanlah, karena hanya Engkaulah yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak dihinggapi penyakit lagi).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

D. Bagi orang yang sudah payah, hendaklah diajarkan membaca kalimah thayyibah (laa ilaaha illallaah) atau dibacakan surat Yaasin.

Rasulullah SAW bersabda : Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda : “Ajarilah kepada orang yang sakit payah dengan membaca ‘laa ilaaha illallaah’.”(HR. Muslim).
Dari Muq’al bin Yasar, Nabi SAW bersabda : “Bacakanlah kepada orang yang sakit payah surat yasin”. (HR. Abu Dawud dan An-Nasai).
E. Menanyakan tentang penyakit orang yang sakit kepada keluarganya.
F. Memberikan bantuan berupa makanan atau uang jika diperlukan oleh si sakit dan keluarganya.

Hikmah Menjenguk Orang Sakit

a) Dengan menjenguk orang sakit, hubungan silaturrahim antara orang yang menjenguk dengan orang yang sakit beserta keluarganya menjadi lebih erat.

b) Orang yang sakit beserta keluarganya dapat terhibur dan mungkin dapat mempercepat penyembuhan bagi orang yang sakit.

c) Orang yang menjenguk ornag sakit akan mendapat pahala dari Allah SWT.
Dari Ali ra, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Setiap muslim yang menjenguk sesama muslim pada waktu pagi maka ia dimintakan rahmat oleh tujuh puluh ribu malaikat sampai waktu sore. Jika ia menjenguknya pada waktu sore, maka ia dimintakan rahmat oleh tujuh puluh ribu malaikat sampai waktu pagi, serta ia mendapat jaminan buah-buahan yang siap dimakan di dalam surga.” (HR. At-Turmudzi).

d) Jika yang menjenguk orang sakit itu kebetulan mempunyai keahlian untuk mengobati penyakit, ia dapat membantu untuk mengobatinya, atau jika kebetulan ia mengetahui obat untuk penyakit yang diderita si sakit ia dapat membantu untuk mencarikan obatnya.